Proses Perawatan Bayi Usia 0 Sampai 6 Bulan Yang Harus Diketahui Para Orang Tua

Satu hingga 6 bulan pertama merupakan salah satu masa kritis yang akan dilalui oleh bayi dalam menjajaki kehidupan.  Mungkin bagi anda yang belum pernah mempunyai anak akan sedikit bingung saat merawat bayi khususnya di usia 6 bulan pertama. namun anda tak perlu risau karena akmi akan memberikan tips dan panduan yang dapat membantu anda dalam proses perawatan bayi usia 0 sampai 6 bulan.

Sediakan ASI ekslusif

Usia 0 sampai 6 bulan merupakan proses perawatan bayi yang tidak mudah karena bayi masih mudah mengalami sakit. Salah satu asupan penting yang diperlukan sang bayi agar bayi tidak mudah jatuh sakit yaitu ASI ekslusif. Pemberian ASI ini diperlukan bayi hingga waktu yang cukup lama yaitu hingga waktu 2 tahun dan dalam waktu 6 bulan pertama merupakan waktu penting karena bayi biasanya akan lebih intens.

Pelajari bahasa yang digunakan sang bayi

Sebagai orang tua anda juga perlu mempelajari apa yang diinginkan bayi dari tangisan-tangisan yang ia alami. Bayi yang menangis biasanya merasakan sesuatu yang kurang nyaman pada dirinya sehingga ia mengekspresikan apa yang ia rasakan melalui tangisan. Untuk tu anda harus peka dan mempelajari tangisan-tangisan bayi agar dapat dengan mudah mengerti apa yang ia inginkan.

Imunisasi

Bayi di bawah usia 1 tahun merupakan salah satu masa penting dimana bayi masih rentan terserang berbagai penyakit. Nah untuk mencegah timbulnya berbagai macam penyakit yang muncul pada bayi anda bisa membawanya ke posyandu atau pusat kesehatan terdekat agar mendapatkan imunisasi. Anda juga perlu menaati jadwal-jadwal imunisasi yang disarankan oleh dokter atau bidan agar bayi anda bisa tumbuh sehat dan berkembang secara optimal.

Jangan mudah membawa bayi ke tempat ramai

Bayi di bawah usia 6 bulan masih belum memiliki kematangan organ yang sempurna sehingga akan sangat riskan apabila anda membawanya bepergian ke tempat-tempat yang ramai terutama pada 40 hari pertama. Mungkin maksud anda baik untuk membawa si kecil bersenang-senang namun anda tidak mengerti apa yang dirasakan oleh bayi. Bisa saja bayi merasa tertekan atau kurang nyaman namun ia tak bisa mengungkapkannya.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *